Selasa, 27 Agustus 2013

TUJUH TEMPAT WISATA YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI DI TORAJA




Toraja merupakan salah satu daerah tujuan wisatawan yang unik baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hal itu didukung oleh beberapa faktor, antara lain budayanya yang khas dan unik, panorama alam, serta tempat-tempat wisata yang unik lainnya.
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tujuh lokasi yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Toraja.

1. Londa 
Londa merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Toraja. Londa adalah sebuah gua alam yang terbentuk secara alami dan dijadikan sebagai tempat penyimpanan mayat bagi penduduk sekitarnya. Meski demikian tidak semua warga bisa dikubur di tempat ini. Hanya orang tertentu saja yang diperbolehkan, biasanya adalah kasta golongan atas dalam masyarakat.
2. Ke'te' Kesu
Ke’te Kesu adalah tempat kedua yang wajib anda kunjungi. Di objek wisata ini anda dapat menyaksikan rumah adat Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan serta jejeran lumbung di depan Tongkonan. Selain itu anda juga dapat menyaksikan sisa-sisa tulang belulang di kuburan batu di tempat ini.
3. Pallawa
Palawa adalah objek wisata berupa jejeran Rumah Toraja yang sudah berusia ratusan tahun. Kemudian di depan Rumah Toraja dibangun lumbung-lumbung yang bentuknya mirip dengan bentuk rumah adat. Lumbung ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan padi dan sebagai tempat melaksanakan acara-acara adat.
4. Lo’ko’ Mata
Lo’kok Mata dalam Bahasa Toraja berarti Lubang Mata. Nama itu diberikan mengingat objek wisata yang satu ini adalah sebuah batu yang cukup besar. Pada sisi-sisi tebing batu yang tinggi dibuat lubang dengan ukuran ±1,5 meter persegi tergantung kebutuhan, dibuat dengan cara memahat dan dijadikan sebagai tempat menyimpan mayat alias kuburan.
5. Lemo
Objek wisata selanjutnya adalah Lemo. Lemo merupakan tempat wisata berupa kuburan batu yang letaknya di atas tebing-tebing batu, di depan kuburan-kuburan itu dijumpai patung-patung dari orang yang sudah meninggal dan dikubur di dalam kuburan itu.
6. Makula
Makula adalah tempat permandian air panas alam dengan Kandungan belarangnya yang cukup bagus untuk kesehatan kulit. Jadi kalau anda punya gangguan kulit maka tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Begitu juga dengan airnya yang panas sangat cocok untuk cuaca wilayah Toraja yang dingin. Jadi pas untuk bersantai
7. Tilangnga’
Berikutnya adalah Tilangnga’, merupakan kolam alami yang berada di antara gunung kapur. Airnya cukup jernih sehingga dasar kolam terlihat jelas seolah-olah hanya sebatas lutut saja. Tetapi jangan anda salah karena jika anda turun maka anda tidak akan mencapai dasarnya. Tidak direkomendasikan untuk yang tidak bisa berenang. Disini biasanya kita juga dihibur oleh anak-anak lokal yang akan melompat dari atas pohon ke kolam setinggi ± 40 meter, dan anehnya mereka tidak akan mencapai dasar kolam. 


0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com