Jumat, 11 Oktober 2013

Sekilas Tentang Gunung Sesean

Gunung sesean (tinggi sekitar 2100 mdpl) terletak Tana Toraja Sulawesi selatan, tepatnya di kecamatan Sesean, kabupaten Toraja Utara (sekarang Tana Toraja sudah dibagi menjadi 2 Kabupaten). Hawa pegunungan yang sejuk sepanjang hari membuat lingkungan disini terasa segar dan menambah menarik suasana untuk menikmati pemandangan alam di sekitar gunung ini. tana Toraja sendiri dapat dicapai dari Makassar dengan menggunakan kendaraan Bus Antarkota, yang tarifnya antara 60ribu-100ribu rupiah.

Dalam perjalan (hitungan start dari Toraja) menuju gunung Sesean, kita akan menemui banyak tempat menarik. Salah satu tempat yang menurut penulis paling bagus ialah Batutumonga. Banyak wisatawan yang berkata bahwa "Jika ingin menikmati keindahan Tana Toraja dari ketinggian, pergilah ke Batutumonga",

kebenarannya silahkan buktikan sendiri. Batutumonga sendiri terletak di lereng Gunung Sesean (pos 2 Gunung Sesean), sekitar 2 km dari Lokomata (salah satu tempat wisata, pekuburan di batu/tebing). Tempat ini selain terkenal karena keindahan alamnya, juga memiliki udara sejuk. Di sini juga banyak terdapat penginapan dan rumah makan/restoran bagi wisatawan yang berkunjung. Tidak heran jika tempat ini dijadikan tempat kencan kebanyakan orang bahkan lagu "Ada cinta di Toraja" juga terinspirasi dari keindahan Batutumonga.

Gunung sesean sendiri terdiri dari 9 pos, dapat dicapai sekitar 3 - 4 jam hingga tiba di puncak. Perjalanan dari pos 1 hingga pos 6 tidak begitu sulit karena masih melewati rumah-rumah penduduk dan perkebunan. Di pos 6, terdapat mata air yang sangat jernih. Di pos inilah para pendaki sering kali menginap karena di pos inilah sumber mata air terakhir. Memang ketinggianya tidak terlalu tinggi tetapi kabut dan cuaca dingin dapat menyerang tiba-tiba karena gunung ini sangat terbuka maka angin lembah sangat leluasa berhembus. Pos 6 merupakan tempat yang sangt ideal untuk mendirikan tenda karena selain pemandangan dari sini sangat bagus, tempatnya juga luas.

Menuju pos 7 harus berhati-hati karna melewati pinggiran jurang, sesampai di pos 8 jalan sangat menanjak dan licin,pos 9 adalah puncak dari gunung sesean dengan elevasi 2100 mdpl yaitu berupa batu yang sangat besar. Apabila ingin menginap di puncak di sarankan agar tenda di ikat keras karnah angin dari lembah sangat keras dan jagan berdiri dekat dengan jurang karna sangat berbahaya, air juga harus dibawah dari pos 6 karena di puncak tidak terdapat sumber air.
Gunung ini sangat ramai di kunjungi bahkan oleh turis asing, kebanyakan gunung ini ramai di kunjungi pada momen tahun baru, 17 agustus, hari bumi dan sumpah pemuda karena para pecinta alam sering mengadakan upacara di sini pada momen-momen tersebut. Sebelum terbakar, gunung ini konon angker, para pendaki di larang menggunakan kostum berwarna hitam.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com